Minggu, 17 Februari 2008

DURIAN

"Deek.. makan misop yook"
Sambil narik kaki binikku kuat-kuat pakek 2 tangan sekuat tenaga.
*binik gak open, ngelanjutin tidor sorenya
Tapi karena niat makan misop begitu kuat, tanpa mengenal kata menyerah, akhirnya awak bisa bangunin istri.
"ya udah, mandilah sana dulu bang.. jorok kali dari pagi belum mandi"
"alaaa.. udalah, ganti baju aja.."
*hari minggu hari bebas peraturan, bebas untuk malas-malasan, bebas untuk gak mandi
Gak sampek 10 menit kami da sampek di tempat makan misop. Misop Lestari namanya. Salah satu misop paling terkenal dikota Pematang Siantar.
Oya.. bagi yang ga tau apa itu misop. Misop adalah makanan. Terdiri dari mie yang dipadukan dengan kuah soup menjadi MISOP. Mirip bakso nya sebenarnya, tapi tak pake daging/bakso, gantinya pake ayam di suir-suir.

Abis bayar kami pun langsung masuk ke mobil.
"Langsung pulang dek..?"
"Terserah..." binik lagi asik dengerin lagu Letto
"Nyarik duren dulu yook.."
Si binik diam aja sambil masih nyanyi-nyanyi. Tapi dari binar matanya, awak tau... dia pasti pengen duren jugak. Maklum kami sama-sama hooligan duren.
*hooligan = penggemar fanatik bola di inggris
** hooligan duren = penggemar fanatik duren di siantar

"Maka dengan tekad yakin awak pun nyetir mobil ke arah pajak(pasar) Horas. Soalnya disini pusatnya jualan duren di Siantar.
"tuh bang.. banyak jualan duren, parkir laa" binik nunjuk ke tukang duren.
iya.. kita pakir agak jauhan aja, biar ga mahal di buatnya harga"
Awak pun markirin mobil agak jaoh dari si tukang duren, ga jaoh kali laa, ga sampek 2 hari perjalanan. Soalnya di Sumatera Utara ni aneh. Kalo kita belanja, harga bisa berubah-ubah sesuai kendaraan apa yang kita naekin.
Makanya kalok mau belanja ke pajak awak harus mikir 100x untuk makek mobil Mercedes S class. Mungkin harus berpikir 1000x pun.. kekmana pulak.. awak kan gak punya mobil mercedes :)

"pilih aja dek... mo ngambek berapa?" tukang duren ngomong dengan logat batak sangat kental.
"berapa harganya sebijik bang..?" awak mulai nengok-nengok duren
"udah.. pilihlah dulu duriannya.." tukang duren kekeh
"hargannya berapa bang..?" tak tau dia awak batak jogal
"beda-beda harganya, pilih aja dulu.." tukang duren mulai kendor
"ooooo...." awak ikut kendor jugak sambil mulai milih duren.

Nggak lama pun udah kepilih 4 buah duren dengan ukuran sedang menjurus kecil.
"berapa ni bang?" awak nunjuk ke arah duren
"itu aja.. 40ribu lah" kata si tukang duren
Awak langsung ngeguit binik ngedengar harga 40ribu, sia Master nawar soalnya.
"kurang lah bang.." si binik mulai memainkan perannya
"harga pas tu dek" si tukang duren berkata mantap
"kurang la yah bang, 30ribu aja ya" binik kembali menawar
"...." tukang duren cuek
"uda yok bang, tempat lain aja" binik narek tangan awak
"...." tukang duren tetap cuek

Nyebrang jalan, kami ke daerah tempat jualan duren lagi. Ada sekitar 5 tukang duren yang lagi jualan.
"durian dek?? inilah ambil.. biar pulang aku.." inang-inang gemuk manggil-manggil kami.
"berapa durian nya?" awak nanyak harga ke si inang-inang
"15 bijik lagi nya nih.." si inang-inang nggak nyambung
"mau ngambil 4 nya paling, berapa harganya..?" binikku ngejelasin
"pilih lah dulu..." si inang-inang ngeluarin jurus standart tukang duren

Kami pun milih-milih. Akhirnya di dapat 4 duren, 1 sedang, 3 kecil menjurus imut.
"berapa ini durennya..?" binikku nanyak harga
"40 ribu lah..." kata si inang-inang
Binikku langsung narik tangan awak pergi
"berapa maumu..." si iang-inang treak-treak
"tawar lah dulu..." si inang-inang treak makin kuat, ada TOA mungkin di kerongkongan nya.
"ya udah... ambek lah ni...." si inang-inang mulai menyerah

Kami pun kembali ke si inang-inang.
"manis kan ini duriannya..? binikku memastikan
"manis lah dek.." si inang-inang meyakinkan
Tapi karena awak tak percaya, awak mulai ngecek ulang durian yang ada.
"udaaalaaah.. tak usah ko pereksa lagi, udah bagusnya nya itu" si inang-inang sewot ngeliat aku ngecek durian
"mentah yang ini kayaknya.." aawak membela diri
"tak usah bayar kalo mentah, kubukak pun duriannya ni" si inang-inang sok yakin
Si inang-inang mulai selo ngebukain durian. Dengan ajaib nya si inang-inang narok durian di pahanya, lalu ngejepit durian dengan dadanya sambil kedua tangannya mulai membelah durian.
Ini inang-inang apa hercules yahh? Masak kulitnya tak mempan kenak kulit durian?????

Setelah semua durian dibuka sedikit untuk memastikan, akhirnya ketahuan kecurigaan awak betol. Ada 1 durian yang masih sangat mentah. Durian pun di tukar. Lalu diikat ama si inang-inang. Kami pun langsung pulang setelah membayar durian.
"awak kok masih curiga yah dek ama duriannya.."
"curiga kekmana..?" binikku nanyak
"iyaa... kayaknya tak enak tu duriannya.."
"jadi gimana... orang uda dibeli.." balas binikku
"......" awak tediam

Dan ternyata kecurigaan awak betol. Dari 4 durian cuma 2 yang enak. 1 mentah nggak bisa di bukan sampek akhirnya di belah paksa pakek piso besar.
"ih.. kok kek ada darah tu bang" binik nunjuk ke kulit duren
"iyah yah.. darah siapa tu yah.." awak mulai liat-liat jugak
"isss... jangan-jangan darah inang-inang tu bang...? istriku merasa jijik
"ahhh... nggak mungkin lahh"
"oaaalaaa... tu tangan abang bedarah" binikku treak
BONUS TRACK, jempol coel kenak kulit durian.

7 komentar:

binikmu mengatakan...

musti kali ditulis misopnya bang?
ugh bikin malu aja..yang keren-an sikit napa.. kek sate kerang gituuh..

binikmu mengatakan...

tapi ngomong2 soal inang2 tu, emang huebad kali dia ya bang..
Maen dikepit aja durennya..
Kekekeke

Zee mengatakan...

Bah.
40rb empat da lumayan lah itu...
klo di medan 1 biji yang kecil aja mau dia jual 12rb.

*kasian kali ya anak siantar ... .kekekekee

batakjogal mengatakan...

Oreng jekerte yee??
40rb mah mehel duren ye..
biesenye meh 25rb eje..

Adhini Amaliafitri mengatakan...

wakakakakakakk..
lucu!! bukan krn apa lucunya, tp cara kalian berbicara dengan logat batak yg kental itu. unik sekali..

*penasaran pengen dengar logat batak yg bener2 kental,hehe..*

letsgetluz mengatakan...

jahh.. jadi kangen makan misop plus sate kerang

di sini sate kerang sebiji bisa tiga ribu, mana mungkin nggak naik pitam awak dengarnya..

Gloria Limbong mengatakan...

WAKKAKA..
Lucu kali logatnya..

disesuaikan kali penulisannya dengan pengucapannya..
mantap kali..
Terobati kangen awal ke bona pasogit sana :D