Selasa, 12 Februari 2008

PENGHASILAN TAMBAHAN

"bang... tau nggak.. cabee.. 1/4 harganya 7000!! sekilo 28 ribu!!" binik awak semangat 45
"ngga tau.." awak cuek aja nonton HBO (salah satu channel siaran TV kabel)
"ihhh.. semua naek.. minyak aja.............." sengaja ngga dilanjot, biasa emak-emak kalok da merepet panjang kali.
Tapi kalo di pikir-pikir betol jugak sebenarnya, yang udah mahal kali sekarang ini semua. Gimana nggak semua rakyat pada ngeluh. Semua mahal, semua naek. Dompet oakley 450 ribu, jaket mooks 490 ribu, sepatu adidas special edition 900ribu, kan mahal tuh!!
*maap..maap..jangan ada yang ngamok yaa.. siap-siap mo cicing(baca: lari ketakutan)


Untuk ukuran Sumatera Utara, paling tidak Siantar sebenarnya penghasilanku bisa di bilang cukup laaah. Apalagi di Siantar ini kebutuhan hidup aga sedikit lebih murah plus ngga ada fasilitas apa-apa, yah makin hemat lah jadinya.
Tapi gara-gara itu jugak, kalok setiap balek ke medan bawak an jadi kalap. Kayak orang kampong nggak pernah ke kota. Bawak an mo jalaaan aja, marok lah pokoknya.
2 hari aja di medan (sabtu-minggu) bisa ngabisin duit paling nggak 1/2 juta, rinciannya sbb:
- minyak mobil pp medan siantar 100rb (260 KM)
- minyak jalan-jalan di medan 80rb (maklum medan dah macet)
- nonton bioskop & snack 100rb (nonton bedua ama binik)
- makan fast food (2 kali) 180rb
- doorsmeer/cuci mobil 30rb
- rokok 20rb
itu belum lagi kalok ada acara singgah ke kerpur, ada yang kawinan, ke gramedia, ke warkop, dll.
Yah ujung nya memang tetap aja tak bisa nabung. Hemat di Siantar, kuras dompet di Medan.
Apalagi sejak binik mutusin untuk berenti kerja. Dan cuma ngandali pendapatan dari awak aja. Yah semakin seret lah jadinya.
nb. kami lakik binik cocok, sama-sama boros, terutama awak.

Ampek puncak nya adalah bulan ini. Sehingga muncul pikiran untuk nyarik penghasilan tambahan. Dari hasil diskusi ama binik ampek jam 2 subuh, di dapat beberapa rumusan penghasilan tambahan.

1. Jualan Makanan
Konsepnya buka cafe kecil-kecilan di teras rumah. Jualan burger n frend, ama jual softdrink n jus.
Modal awal untuk beli steling, alat masak, kursi, meja, bahan lainnya sekitar 4jt.
Dengan itung-itungan jual makanan untungnya 2000, jual minuman untungnya 1000. Dan diharapkan dalam 1 hari bisa laku 20 makanan dan 20 minuman, berarti pendapatan per hari sekitar 60ribu.
Dalam sebulan diperkirakan bisa dapat keuntungan 1,8juta. Potong pengeluran lain-lain 300rb, diperkirakan bisa dapat keuntungan bersih 1,5juta/bulan.
Tapi kayanya batal dilaksanakan, berhubung binik nggak suka usaha makanan, capek katanya.

2. Maen Proyek Pemerintah
Sebenarnya udah ngileeeeeer kali mo maen proyek. Gimana nggak, uda langsung ngeliat di depan mata sendiri abang ipar nyobak maen proyek. Proyek dengan nilai hampir 80 juta, dikerjakan selama 3 bulan, dengan keuntungan bersih hampir 30juta!! Iyahh... 30juta duit semua, nggak ada yang pakek daon.
Berarti dalam sebulan bisa dapat duit 10juta. Huuuffff.....!!!
*kan... dah mulai ngiler lagi ni...
Tapi masih berkendala, karena lakik binik sama-sama ngga pande ngelobi. Karena ada sodara yang kebetulan menjadi penguasa daerah saat ini. Ama masih bingung, ntar sapa yang ngerjai proyeknya. Kan ga mungkin si binik yang awak suruh ngawasi tukang yang lagi kerja.

3. Buat Distro
Awalnya sih gara-gara niat mau ngebantu si Ari sepupu awak yang ampe sekarang belum dapat kerjaan tetap. Dia punya ide mau buat-buat distro. Karena kebetulan awak hobi desain, agak tertarik jugak jadinya. Udah mulai cari-cari konsep, itung-itung modal. Tapi batal kayanya, usaha distro perputaran uangnya lambat kali. Masak nyari untung ngga nyampe 2jt harus nunggu 3 bulan dulu. Waalahhh...

4. Jualan Voucher
Ide nya muncul setelah ngomong ama salah seorang rekan kerja. Kebetulan baru-baru ini dia buka usaha jualan voucher. Moodal awalnya masih masuk akal laaah. Buat kios kecil ngabisin 8jt, ama modal awal beli voucher ama kartu perdana ngabisin 6 juta.
Dari modal segitu, penjualan si rekan perharinya nyampe 1,5juta. Dengan keuntungan bersih 150rb/hari. Berarti 4,5juta sebulan, potong gaji pegawai ama pngeluaran laen 1,5juta. Berarti dia bisa dapat 3juta bersih per bulan. Enak kannn..
Dan akhiarnya awak ama binik aga sepakat pengen bukak usaha ini. Walopun pengalaman si kawan itu ngga bisa jadi patokan pasti, soalnya memang lokasi jualan si kawan itu memang sangat strategis. Tapi dibawah dia pun kayaknya usaha ini masih cukup menarik.
Dan sekarang progressnya adalah awak ama binik masih nyari-nyari tempat yang cocok untuk bukak usaha voucher

7 komentar:

~binik-mu~ mengatakan...

abaaang..
yang kita bicarain itu, cabe, beras, minyak goreng ya baaang..
bukan sepatu, dompet or temen2nya itu yang di sportstation ato city surf..

*arrrghhh..minta dibal2 juga ni nampaknya...

Zee mengatakan...

Bah...!
Ga cukup rupanya gaji dr telkomsel itu, Do?

Kami semua da tahu loh gajimu sekarang berapaa.... binikmu yg cerita2 ke rumah dinas, trs tesebarlah kemana2... =))

batakjogal mengatakan...

huehehehe...
da tau kan kak, minta job lah makanya kak..
Biaya konsumtif jaman sekarang mahal kali nih kak :) :)

Zee mengatakan...

Ih thh, masa minta job pulak ...

Di Jkt jg kering nie.... biaya hidup tinggi, g cukuplah gaji sat-sat itu... :))

~tc~ mengatakan...

#zee...
wakakak gak usah fitnahlah kak.. kk ingin mengadu domba aku sama ridho ya kak??
:D

ayu mengatakan...

haha cerita dan komen2nya sangat menghibur~

Zee mengatakan...

Ih, kok fitnah pulak...
ga ada untungnya aq memfitnah kelen :p~

Ga ngaku pulak tu klo dia yg cerita ke rmah dinas :p~